Politik Pintu Terbuka

58 sec read

Setelah sebelumnya kita membahas tentang Pengertian Disintegrasi Sosial, kali ini kita akan membahas pengertian tentang politik pintu terbuka. Apa sebenarnya yang dimaksud politik pintu terbuka? Apa isi dari kebijakan tersebut? Oke langsung saja masuk ke pembahasan.

Pengertian Politik Pintu Terbuka

Politik pintu terbuka adalah pelaksanaan kegiatan politik kolonial liberal di Indonesia, yang mana menurut Belanda kegiatan ekonomi di Indonesia harus ditangani oleh pihak swasta, sedangkan pemerintah hanya mengawasi kegiatan tersebut.

Latar Belakang Penerapan Politik Pintu Terbuka

Terbentuknya traktat Sumatera pada tahun 1871 yang memberikan kebebasan kepada pihak Belanda untuk melebarkan wilayah kekuasaannya ke Aceh. Sebagai bayarannya Inggris meminta Belanda menerapkan sistem ekonomi Liberal di Indonesia agar para pengusaha Inggris bisa menanamkan modal di Indonesia.

Penerapan Politik Pintu Terbuka

Penerapan politik pintu terbuka adalah membuka Jawa bagi perusahaan swasta. Keamanan dan kebebasan para pengusaha terjamin. Pemerintah kolonial hanya memberikan kebebasan para pengusaha untuk menyewa tanah, tapi tidak untuk membelinya. Hal ini bertujuan agar tanah penduduk tidak jatuh ketangan asing. Tanah sewaan itu dimaksudkan agar produksi tanaman bisa di ekspor ke Eropa.

Dampak Dari Politik Pintu Terbuka

  • Politik pintu terbuka pada awalnya bertujuan agar bisa memperbaiki kesejahteraan rakyat, tapi malah membuat rakyat semakin menderita.
  • Rakyat semakin sengsara dan menderita dikarenakan eksploitasi besar-besaran terhadap sumber pertanian dan tenaga manusia.
  • Rakyat mulai mengenal sistem upah dengan uang, juga mengenal barang-barang impor dan ekspor.
  • Industri pribumi mati karena para pekerjanya pindah bekerja ke pabrik-pabrik dan perkebunan.
  • Munculnya pedagang perantara. Dimana mereka pergi ke daerah pedalaman untuk mencari hasil pertanian yang kemudian dijual kepada grosir.

Itulah tadi pengertian, latar belakang dan dampak-dampak dari politik terbuka. Jika ada yang ingin kalian tanyakan bisa bertanya di kolom komentar di bawah. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca Juga  Pengertian Tawakal, Dalil-Dalil dan Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *