Cara Membuat Puisi yang Baik dan Benar

2 min read

puisi yang benar

Puisi adalah salah satu karya sastra yang banyak disukai orang. Mulai dari usia remaja hingga orang tua. Orang yang mencintai sastra pasti sudah tak asing lagi tentang puisi. Tanpa disadari menulis puisi adalah salah satu bentuk ekspresi yang ditunjukkan oleh penulis, sumbernya bisa berasal dari inspirasi atau gagasan penulis. Sekarang kita akan membahas bagaimana tahapan-tahapan membuat puisi. Mungkin banyak dari kawan-kawan yang berpikir jika membuat puisi itu gampang-gampang saja, namun kenyataannya banyak aspek yang harus diperhatikan agar puisi itu sendiri mudah ketika dibaca dan menarik bagi pembaca. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat puisi yang baik dan benar.

Cari Inspirasi

Jika kamu belum tahu bagaimana caranya membuat puisi dengan mencari inspirasi dulu. Kamu dapat mencari inspirasi dari pengalaman pribadimu, dari lingkungan sekitarmu, dan dari cerita temanmu. Atau dengan cara menutup mata, berjalan-jalan di taman, menikmati pemandangan alam bisa menjadi salah satu sumber ide dari pembuatan puisi. Bahkan membaca puisi orang lainpun bisa dilakukan agar kita bisa menambah referensi.

Tentukan Tema dan Judul

Setelah kamu menemukan inspirasi untuk puisimu, cara selanjutnya tentukan satu tema yang kita pilih sebagai pedoman dalam menulis puisi agar puisi lebih menarik. Tema puisi sangat banyak. Jadi maksimalkan pemilihan tema yang benar-benar menarik. Misalnya tema tentang alam, kisah cinta, kehidupan sehari-hari, sekolah dan masih banyak lagi. Barulah buat judul yang berkaitan dengan tema yang telah kamu tentukan tadi.

Kembangkan Kata Kunci

Setelah menentukan tema dan judul kamu bisa mengeksplorasi kata kunci untuk mengembangkan kalimat-kalimat penyusun bait puisi.

Baca Juga  Cara Menghitung Skala Peta

Gaya Bahasa

Langkah cara membuat puisi selanjutnya adalah dengan memakai gaya bahasa. Ada banyak macam majas yang bisa digunakan seperti majas metafora, majas personifikasi, majas perbandingan.

Perhatikan Diksi dan Rima

Cara membuat puisi selanjutnya ialah pemilihan diksi dan rima. Diksi atau pemilihan kata menjadi faktor pentingg dalam pembuatan puisi. Puisi bagus tentunya karena pemilihan kata yang sederhana atau simpel namun bermakna.Kamu juga bisa memakai diksi dengan kata yang jarang didengar oleh orang dalam dialog sehari-hari, tetapi tidak apa jika tetap menggunakan diksi kata-kata yang sering dipakai dalam sehari-hari. Puisi akan terlihat lebih menarik jika menggunakan rima a-b-a-b, ataupun rima yang lain. Rima sangat penting untuk pembacaan puisi yang lebih tertata dan indah. Pembuatan rima bisa merangsang sisi kreativitas untuk menemukan kata-kata lain agar bisa memenuhi lantunan di kata sebelumnya.

Kembangkan Semua Aspek Seindah Mungkin

Langkah selanjutnya yaitu mengembangkan semua aspek tadi menjadi puisi yang indah. Susunlah kata-kata dan larik-larik puisi menjadi bait-bait. Kembangkanlah agar menjadi satu puisi yang bermakna dan utuh. Kamu juga harus ingat jika puisi bukanlah sebuah artikel. Tulisan yang dibuat untuk puisi harus ringkas, padat, dan yang pasti harus indah. Pilihlah kata yang sesuai dengan unsur keindahan sekaligus makna yang padat.

Bagaimana? Apa sekarang kamu sudah bisa membuat puisi yang baik dan benar? Terima kasih sudah mengunjungi sumberilmu.org

Gallant Baskara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *